ikan kering ulang tahun

September 16, 2014 at 1:34 am | Posted in Uncategorized | 1 Comment

Bertambah tua, kadang bukan hanya tentang satu dua helai uban atau kerutan di bawah mata yang tetiba muncul saat menuju umur kepala tiga. Menjadi tua adalah ketika di toko buku bingung mau beli apa dan lebih sibuk membayangkan tentang anak yang bakal bagus pakai tas unyu ini dan tempat pensilnya yang itu, serta memasukkan judul buku-buku terbaik ke dalam list “100 books You Should Read” untuk anak gw kelak. Menjadi tua ternyata adalah tentang menjadi sok tua, berpengalaman, dan punya warisan walau itu hanya pengetahuan judul-judul buku (yang mana juga sebenernya terbatas :P) huehehehe.

Menjadi tua selain sok tua, bisa jadi bertambah narsis. Ulang tahun sendiri, nulis-nulis sendiri ucapan sendiri. Walau sudah berjam-jam tidak bisa merangkai kalimat-kalimat ciamik, tidak apa apa (pasrah). Yang penting hati bahagia. Bikin kue ultah sendiri, bawa ke kantor. Walau dua anak curut yang sembunyi di balik kardus arsip yang berantakan itu bahkan bakal bilang kuenya gak enak, tidak apa-apa. Yang penting hati bahagia terus eksis posting di instagram dan Path.

Selamat ulang tahun Ikan Kering, yang tidak lain adalah gw sendiri, anak kecil biasa pada masanya, yang punya kehidupan yang hampir mirip dengan 89,69% anak Indonesia kelahiran 1988. Pagi-pagi ke sekolah, jam istirahat lompat tali, di kelas meneriaki anak lelaki yang mengintip dengan rautan bulat, lalu berkerumun mencium pulpen wangi yang dianggap narkoba. Pulang sekolah main galah asin sebentar, di rumah main tamagochi, agak sore nonton satria baja hitam, sebelum tidur baca serial cantik, dan hari Minggu nonton Doraemon. Namun, ketika bertambah tua, akhirnya menyadari semakin banyak yang berbeda. Ada yang sudah beranak dua. Ada yang masih single. Ada yang sekolah ke luar negeri. Ada Ibu rumah tangga. Ada Ibu yang menyusui anaknya. Ada Ibu yang memilih memberikan susu formula. Ada partisipan fanatik partai agama. Ada yang liburan dua minggu sekali. Ada yang bekerja di tengah laut lepas. Ada macam-macam rupanya.

Selamat ulang tahun ikan kering. Semoga bertambah tua tanpa menjadi terlalu sok tua. Semoga bertambah ilmu tanpa perlu terlalu sok tahu. Semoga menjadi bijaksana, melihat dari berbagai mata, mendengar dari dalam hati. Memasak makanan yang rasanya bertambah wajar dari hari ke hari. Semakin pandai dalam mencintai dan bercinta *eh. Dan bersyukur atas apa-apa yang dipunya, pun apa-apa yang belum dipunya.

Selamat ulang tahun, sayang

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Selamat menua tante… ‘bikin kue sendiri?’ Hmmmm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: