Petualangan

May 31, 2011 at 7:53 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kadang-kadang di minggu sore gw jalan-jalan ke toko buku. Bisa jadi karena gw anaknya kutu buku (padahal mah engga, kutu busuk kali iyee). Bisa jadi gw hanya numpang ngadem. Yang pasti, jalan-jalan ke toko buku mah murah dan mudah… ga ada kewajiban membeli, juga ga ada kewajiban bawa pacar, cocok lah buat jomblo lokal dan jomblo global, ato buat pegawe anyar yang gajinya bagai lilin (maksudnya bukan cahaya dalam kegelapan, tapi cepet abis kalo dibakar—ya iyalaah yaaaa)

Hari Minggu sore di toko buku rame juga. Makanya Pak Menteri Pendidikan kita jangan khawatir, semangat membaca masyarakat masih membara. Buktinya toko buku penuh-penuh aja. *Yaaa, abaikan saja orang-orang kaya gw yang sebenernya numpang ngadem sambil baca komik di pojokan. Yang jelas, dengan masih banyaknya orang yang senang membaca buku berarti kan masih meletup-letup juga semangat mencari ilmu dan pengetahuan (walaupun sebenarnyaa mencari ilmu dan pengetahuan ga cuman di bukuu… sambil ngaskus juga bisa :hammer :shakehand ). Intinya, yang paling penting adalah spirit yang menyala-nyala ini: spirit ilmu pengetahuan, spirit pembaruan, spirit budaya, dan spirit petualangan.eaaaaaaaaaaaaaaa….

Semangat petualangan menguar di udara di sepanjang koridor rak-rak komik yang tersusun apik, keluar dari tumpukan-tumpukan novel berkertas buram, dan tercampur dengan zat-zat kimia membentuk aroma yang tak pernah berubah banyak sejak dari lama. Mungkin sejak kita berkenalan dengan Nobita atau Conan yang menemani kita tumbuh besar (sementara mereka tidak), atau Harry Potter yang mengajari kita imajinasi, atau Lupus yang mengajari kakak kakak kita cara membuat jambul, atau Lima Sekawan yang menginfluence gw jadi pengen punya kembaran, atau kisah Puteri Mia di Princess Diary yang ngajarin kita pacaraaan (ga bener nih pengarangnya), atau Goosebumps yang ga serem-serem amat tapi bikin gw ga bisa tidur, atau mungkin Sherlock Holmes yang bikin kita pengen gigit cangklong kemana-mana. Eaaaaaaa

Petualangan.

Kisah tentangnya melayang-layang di udara. Arwahnya bergentayangan di sepanjang lorong-lorong toko buku, perpustakaan, rental komik, atau pojok rak buku di dalam kamar.

Lalu dimanakah kita berpetualang sekarang ? Di Manhattan bergelantungan dari gedung ke gedung seperti Spiderman? atau di London naek sapu terbang seperti Potter?

Petualangan.

Sebagian dari kita mengalaminya di dalam gedung-gedung tinggi. Di bawah tumpukan berkas yang meninggi. Di tengah omelan bos yang cerewet. Dan dibalik layar komputer yang berpendar menyakiti mata perlahan-lahan.

Petualangan.

Sebagian dari kita mengalaminya di tepi pantai. Di bawah taburan bintang-bintang di tengah debur ombak yang membelah sunyi. Sebagian lagi mengalaminya di puncak gunung tinggi sambil menancapkan panji-panji.

Petualangan.

Sebagian dari kita mengalaminya di kereta. di busway. di metromini. di bus kota. di mikrolet.

Petualangan.

Sebagian dari kita mengalaminya di pinggir jalan saat hujan deras dan petir menyambar nyambar atau di atas jembatan sambil memandang kerlip lampu mobil di kejauhan.

Petualangan.

Sebagian dari kita mengalaminya di kantor sambil menonton Islam KTP dan bermain Facebook seraya merindu kamu.

Tunggu. Tidak. itu tidak sebagian orang.

Itu aku.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: