hari pangan se-dunia

October 16, 2008 at 2:35 pm | Posted in jambal | 1 Comment

Gw baru tahu menjelang malam kalau hari ini adalah hari pangan se-dunia. Gw hanya tahu kalau beberapa hari ini adalah hari cuci tangan se-dunia(iklan sabun you know what). Gw kurang ngerti tentang apa itu hari pangan sedunia, yang jelas kalau yang gw tangkep(ikaaan kali ditangkep??hehe), hari pangan sedunia ini menitikberatkan pada permasalahan pertanian.

.petani.

Nenek kakek gw adalah seorang petani, benar-benar petani dalam artian turun ke sawah untuk menanam padi dan memotongnya sendiri. Dengan demikian, dalam darah gw mengalir darah petani, darah yang sama yang juga mengalir di puluhan juta penduduk negeri ini, darah petani, kaum agraris. Namun, tinggal di kota yang mana sawah adalah tempat asing, membuat gw terkadang lupa asal-usul ini, sama lupanya kepada asal sepiring nasi yang tersaji saat gw makan siang di warung tegal. Sepiring nasi gw adalah bibit yang dibeli petani dengan susah payah. Sepiring nasi gw adalah tanaman padi yang memakan pupuk nan mahal. Sepiring nasi gw adalah yang bertahan melawan peluasan lahan industri. Sepiring nasi gw kesulitan mendapat air. Sepiring nasi gw sebelum panen dijual murah ke tengkulak. Sepiring nasi gw lebih murah daripada beras impor. Itulah sepiring nasi gw.

Dan hari pangan se-dunia ini mengingatkan gw kembali tentang banyak hal. Aaaah….baru ingat kembali kalau jutaan bayi kelaparan. Jutaan bayi kurang gizi. Jangan jauh-jauh, jangan-jangan tetangga sebelah rumah gw belum makan. Ah, jadi ingat kemarin gw membuang nasi. Ah, gw lupa kalau gw sudah lama tidak maen ke sawah. Ah, siapa yang nanti bakal jadi petani? aaaaah……

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. indonesia sudah tdk lagi jd lumbung padi bwt negaranya sndiri


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

