gokusen

May 2, 2008 at 3:31 pm | Posted in jambal | 1 Comment

Ini salah satu dorama kesukaan gw. Doramanya udah agak jadul, kira-kira rilis di Jepun empat tahun yang lalu. Bercerita tentang seorang gadis bernama Kumiko. Gadis berdarah yakuza(mafia Jepang) tersebut memutuskan menjadi seorang guru matematika alih-alih mewarisi bisnis keluarga yang turun temurun itu. Lulus kuliah, ia pun menjadi guru di sebuah sekolah khusus laki-laki bernama Shiroken Gakuen.

Episode pertama dibuka dengan latihan pidato Kumiko yang berapi-api tentang dunia pendidikan yang ia cintai. Sayangnya, kegiatan mengajar yang ia impikan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang harus dihadapinya. Murid-murid yang harus ia didik adalah siswa ternakal di sekolahnya. Mereka para berandalan, hobi berkelahi dan tak pernah menuruti kata-katanya. Masalah selalu datang silih berganti menimpa Kumiko dan anak didiknya. Namun, Kumiko tak pernah patah semangat. Dengan slogan “Fight Oh!!” ia tetap sabar menghadapi murid-muridnya. Berkat kegigihan dan ketulusan hatinyalah itu, perlahan tapi pasti, murid-muridnya yang berandalan berubah menjadi lebih baik dari hari ke hari. Bahkan pada akhirnya, para murid sangat menyayangi Kumiko.

Terlepas dari kisah yakuza dan atribut cerita yang sangat fiktif(sehingga ceritanya memiliki tingkat irasionalitas yang tinggi), Gokusen cukup menyentuh hati. Ada beberapa adegan yang bikin gw nangis. Salah satunya pada episode yang bercerita tentang ibu seorang siswa yang berjuang keras agar anaknya tidak putus sekolah(hiks, adegan ini pasti banyak terjadi di dunia nyata). Gara-gara Gokusen pun, gw tertarik menjadi guru.

Nah, jika ada yang memiliki bakat dalam bidang pengajaran, pinter, dan supel…gak ada salahnya kok memilih profesi guru. Profesi guru bukanlah profesi sembarangan, ia penuh rintangan dan tantangan. Profesi guru juga membutuhkan dedikasi yang tinggi. Hanya orang-orang hebat dan profesional yang akan bisa menjadi guru yang baik dan dihormati murid-muridnya. Dalam cerita Gokusen, Kumiko telah membuktikannya.

Oleh karena itu, untuk para guru di manapun engkau berada, Fight Oh!!!

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. gestoy.. hehe.. aku pun menonton si gokusen 1 dan 2.. tapi lebih suka yang 2, soalnya lebih ganteng muridnya.. hehe..

    jadi inget juga, udah nonton dorama hanazakari.. bla.. bla.. (lupa, abisan susah namanya) belom?
    lumayan rame juga, tentang cwe yang nyamar jadi cowo trusnya masuk skola khusus cowo gitu de.. bwat ktemu kcengannya.. (genit!! ya?)
    duww.. abis nonton itu pasti jadi pengen masuk sekolah cowok gitu de..
    abis itu pas mikir2, kan emang sekolah kita agak sekolah cowok gitu ga sii? dengan perbandingan cewek 1:25..
    tapi ko ga gitu ya ceritanya?
    cih, emang dorama tuw, memberi harapan palsu untuk impian suci remaja nan innocent seperti kita! haha..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: