Hari Buruh Internasional

May 1, 2008 at 3:59 pm | Posted in tongkol | Leave a comment

Gw baru sadar kalau hari ini hari buruh internasional saat nonton cuplikan pilem ‘marsinah’ di tivi tadi pagi(beberapa hari ini lupa tanggal mlulu). Terus, pas lagi di mobil gw denger orasi anggota komisi sembilan DPR di radio tentang tuntutan buruh dan kebobrokan birokrasi yang merugikan buruh dan sebagainya dan sebagainya….(sampai-sampai si penyiar menyetop ibu dewan yang sangat bersemangat itu karena keterbatasan waktu).

Jujur aja, walo cukup pay attention dengan beritanya gw kurang paham latar belakang dan sejarah hari buruh. Makanya, barusan gw buka-buka wikipedia dan dapat sedikit ulasan tentang hari buruh internasional yang juga dikenal dengan istilah May Day ini.

Dari yang gw baca, May Day lahir sebagai puncak dari berbagai rentetan perjuangan para pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. 1 Mei tahun 1886 sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei. Banyak buruh yang tewas dalam aksi tersebut sehingga memicu reaksi negara-negara di seluruh dunia. Hingga akhirnya, pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi berisi:

Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional.

Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day tersebut, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

sumber : wikipedia.org/wiki/Hari_Buruh

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: